rss

Registrasi SiteMap di Google Webmaster

Google Webmaster Tools
Google webmaster tools merupakan fitur gratis yang diberikan Google untuk membuat dan mempermudah situs atau blog anda mendapatkan akses atau index dalam search engine atau mesin pencari Google. Google dapat menampilkan artikel dalam situs atau blog, membantu mendiagnosa masalah yang muncul, membiarkan anda berbagi info dengan user internet di seluruh dunia, serta membantu meningkatkan visibilitas atau tujuan yang ingin dicapai oleh situs atau blog anda melalui hasil dari pencarian pada search engine atau mesin pencari bernama Google.
Langkah awal untuk meningkatkan visibiltas atau tujuan yang ingin dicapai oleh situs atau blog anda adalah memahami dan mempelajari Google dengan baik, terutama bagaimana Google menjaring dan mengakses/mengindeks situs atau blog milik anda, bagaimana untuk memastikan Google memiliki akses ke dalam situs atau blog anda.



Registrasi Situs atau Blog di Google Sitemap
Untuk mendaftarkan situs atau blog kita ke dalam Google Sitemap, terlebih dahulu anda harus memiliki account email pada Google.com, karena nantinya akan anda gunakan dalam proses pendaftaran ini. Langkah-langkahnya cukup mudah apabila anda benar-benar mengikuti petunjuk yang saya berikan.
1. Silahkan buka halaman browser anda, ketik di browser Home Page anda ‘www.google.com/webmasters’ atau pilih Disini, maka akan muncul halaman :



2. Bila sudah memiliki account email di Google silahkan pilih ‘Sign in to Webmaster Tools’, bagi yang belum memilikinya pilih ‘Create a New Google Account’.



3. Setelah Sign In, maka muncul halaman Webmaster Tools Dashboard berikut ini :



4. Masukan alamat Web atau Blog anda pada kolom ‘Add Site’, selanjutnya pilih ‘Add Site’, maka muncul halaman ‘Dashboard Overview’ berikut ini :



5. Tanda ‘checklist’ mengartikan Web atau Blog anda sudah terdaftar dalam account Webmaster. Langkah selanjutnya pilih ‘Verify your site’, maka muncul halaman ‘Dashboard Verify a Site’ berikut ini :



6. Pada halaman diatas terlihat status Web atau Blog anda belum terverifikasi atau ‘Verification Status : NOT VERIFIED’. Untuk melakukan verifikasi silahkan pilih kolom ‘Choose verification method’ dan pilih ‘add a meta tag’. Maka muncul halaman berikut ini :



7. Silahkan anda copy meta tag ‘<meta name=verify-v1…….’ Buka Web atau Blog anda dan masuk halaman edit HTML. Masukan kode meta tag yang telah anda copy, paste sesudah kode <head> atau sebelum kode </head>. Bila anda merasa bingung, silahkan buka kembali halaman ‘Verify a Site’ tadi dan Pilih ‘Show me an example’. Maka akan tampak halaman sebagai berikut :



8. Untuk Blog, silahkan lihat contohnya pada halaman berikut ini :



9. Setelah selesai meletakan kode meta tag pada menu edit HTML Web atau Blog, pilih menu ‘Simpan’ dan kembali ke halaman Google Webmaster Tools ‘Verify a Site’, dan pilih menu ‘Verify’. Maka akan muncul halaman sebagai berikut :



10. Halaman diatas menunjukkan Web atau Blog anda telah terverifikasi di ‘Google Webmaster Tools’.
11. Langkah berikutnya ini, merupakan hal yang terpenting dari rangkaian langkah-langkah diatas tadi. Jadi saya minta anda benar-benar memperhatikan petunjuk-petunjuk yang saya berikan, agar artikel yang anda posting pada Web atau Blog dapat cepat terakses atau terindeks dalam Google Sitemap.
12. Masuk kembali pada halaman ‘Google Webmaster Tools, Dashboard’, selanjutnya pilih menu ‘Sitemap’, maka akan muncul halaman sebagai berikut :



13. Masukan kode Atom.xml berikut ini :

atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=100

Ke dalam kolom ‘Submit Sitemap’, selanjutnya anda pilih menu ‘Submit Sitemap’ tersebut

14. Masukan kode rss.xml berikut ini :

rss.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=100

Ke dalam kolom ‘Submit Sitemap’, selanjutnya anda pilih menu ‘Submit Sitemap’ tersebut. Maka tampilan halaman menjadi seperi berikut ini :



15. Berikan tanda ‘checklist’ pada isi menu ‘My Sitemap, Filename’ yang merupakan kode atom.xml dan rss.xml yang baru anda masukan tadi, kemudian pilih menu ‘Resubmit’.
16. Selesai.

Mungkin Google memerlukan waktu paling lama 1 x 24 jam untuk verifikasi artikel yang anda posting pada Web atau Blog anda, tetapi apabila koneksi lancar dan tidak ada gangguan hanya dalam hitungan menit artikel yang anda posting sudah terindeks di Google. Apabila status ‘Pending’ pada menu 'My Sitemap, Status’ sudah berubah menjadi ‘Ok’, maka anda bisa mengeceknya melalui halaman browser dalam search engine, dengan mengetikkan alamat Web atau blog anda.
Selamat Mencoba..?!!

6 komentar:

yang ngefantasy on November 21, 2009 said...

kenapa setiap kali log in masuk nya ke home...bukan dashboard. langkah2 udah lancar, dah diverifikasi segala tapi tahu dah....giliran mo daftarin site map kok gag bisa masuk dashboad huhu

Tutorial Blog on December 02, 2009 said...

jika sdh selesai submit sitemap, trus gimana solusinya kalo statusnya belum dicentang...???
pdhl dah berhari2....

Unknown on January 18, 2010 said...

Maksih banget postingannya mas, kepake banget tuh...
Tapi di webmaster tool saya ada tulisan not indexed, apa itu gag knapa2?

Unknown on March 28, 2010 said...

trims, sangat membantu

Bang Nurdin on May 11, 2010 said...

Terima kasih banyak mas sangat membantu sekali bagi blog saya yang notabene baru belajar ng blog..

Koje on July 10, 2010 said...

Oke, thanks Mas untuk sharingnya...!
Semoga bermanfaat :)
http://ekos06.student.ipb.ac.id


Post a Comment

Berikan Komentar Anda yang berkualitas agar Komentar anda tidak disebut sebagai 'Junk Comments'. Komentar yang Bernada SPAM, Link Promosi dan lain-lain dengan Sangat Menyesal akan Kami Hapus,
Terima Kasih.

 

Followers